Selulitis | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Selulitis

August 9th, 2012 0 Comments

Apa itu Selulitis

Apa sih selulit itu sebenarnya? Hampir semua wanita sepertinya alergi dengan penyebutan ini, yah karena selulit hanya dialami oleh kaum hawa. Selulit merupakan penumpukan sel-sel lemak pada jaringan kulit yang berlebihan, sehingga permukaan kulit tampak tidak rata seperti kulit jeruk. Selulit tidak berbahaya bagi kesehatan, tetapi selulit sama sekali tidak sedap dipandang mata. Selulit memang timbul karena adanya timbunan sel-sel lemak.

Penyebab Selulitis

Selulitis disebabkan oleh jenis bakteri memasuki kulit, biasanya dengan cara dipotong, abrasi, atau istirahat di kulit. Istirahat ini tidak perlu terlihat. Streptococcus Grup A””dan””aureus adalah yang paling umum dari bakteri ini, yang merupakan bagian dari flora normal kulit tetapi tidak menyebabkan infeksi yang sebenarnya, sementara di permukaan luar kulit.

Kondisi predisposisi untuk selulitis termasuk gigitan serangga, melepuh, gigitan hewan, tato, ruam gatal kulit, operasi terakhir, athletes foot, kulit kering, eksim, obat suntikan (terutama subkutan atau injeksi intramuskular atau mana injeksi IV berusaha “merindukan” atau pukulan vena), kehamilan, diabetes dan obesitas, yang dapat mempengaruhi sirkulasi, serta luka bakar dan bisul, meskipun ada perdebatan mengenai apakah lesi kaki kecil berkontribusi.

Gejala Selulitis

Gejala awal berupa kemerahan dan nyeri tekan yang terasa di suatu daerah yang kecil di kulit. Kulit yang terinfeksi menjadi panas dan bengkak, dan tampak seperti kulit jeruk yang mengelupas (peau d’orange). Pada kulit yang terinfeksi bisa ditemukan lepuhan kecil berisi cairan (vesikel) atau lepuhan besar berisi cairan (bula), yang bisa pecah.

Karena infeksi menyebar ke daerah yang lebih luas, maka kelenjar getah bening di dekatnya bisa membengkak dan teraba lunak. Kelenjar getah bening di lipat paha membesar karena infeksi di tungkai, kelenjar getah bening di ketiak membesar karena infeksi di lengan. Penderita bisa mengalami demam, menggigil, peningkatan denyut jantung, sakit kepala dan tekanan darah rendah. Kadang-kadang gejala-gejala ini timbul beberapa jam sebelum gejala lainnya muncul di kulit. Tetapi pada beberapa kasus gejala-gejala ini sama sekali tidak ada.

Kadang-kadang bisa timbul abses sebagai akibat dari selulitis. Meskipun jarang, bisa terjadi komplikasi serius berupa penyebaran infeksi d bawah kulit yang menyebabkan kematian jaringan (seperti pada gangren streptokokus dan fasitis nekrotisasi) dan penyebaran infeksi melalui aliran darah (bakteremia) ke bagian tubuh lainnya. Jika selulitis kembali menyerang sisi yang sama, maka pembuluh getah bening di dekatnya bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan pembengkakan jaringan yang bersifat menetap.

Pantangan makanan Selulitis

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, lakukan olahraga rutin dengan benar.

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Selulitis”

  1. Comments are closed.