Polio | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Polio

March 22nd, 2012 0 Comments

Apa Itu Polio ?

Poliomielitis atau polio, adalah penyakit paralisis atau lumpuh yang disebabkan oleh virus. Agen pembawa penyakit ini, sebuah virus yang dinamakan poliovirus (PV), masuk ke tubuh melalui mulut, mengifeksi saluran usus. Virus ini dapat memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat menyebabkan melemahnya otot dan kadang kelumpuhan (paralisis).

Poliovirus adalah virus RNA kecil yang terdiri atas tiga strain berbeda dan amat menular. Virus akan menyerang sistem saraf dan kelumpuhan dapat terjadi dalam hitungan jam. Polio menyerang tanpa mengenal usia, lima puluh persen kasus terjadi pada anak berusia antara 3 hingga 5 tahun. Masa inkubasi polio dari gejala pertama berkisar dari 3 hingga 35 hari.

Polio adalah penyakit menular yang dikategorikan sebagai penyakit peradaban. Polio menular melalui kontak antarmanusia. Polio dapat menyebar luas diam-diam karena sebagian besar penderita yang terinfeksi poliovirus tidak memiliki gejala sehingga tidak tahu kalau mereka sendiri sedang terjangkit. Virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut ketika seseorang memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi feses. Setelah seseorang terkena infeksi, virus akan keluar melalui feses selama beberapa minggu dan saat itulah dapat terjadi penularan virus.

Penyebab Penyakit Polio

Penyakit polio disebabkan oleh infeksi poliovirus dan penularannya terjadi melalui rute fekal-oral. Artinya makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja penderita polio masuk ke mulut orang sehat.

Dari penjelasan ini jelas bahwa penyakit polio tidak diturunkan pada generasi berikutnya. Sehingga jika benar bahwa kelumpuhan yang menyerang kakak Ibu Gina sejak usia 2 tahun itu disebabkan oleh polio, maka tentunya Ibu tidak memiliki risiko menurunkannya pada anak Ibu.

Penting untuk mengungkap penyebab jelas dari kelumpuhan ini, sebab ada beberapa penyakit genetik yang juga ditandai dengan kelemahan otot-otot kaki yang terjadi secara relatif mendadak, misalnya Duchenne Muscular Dystroph.

Gejala Penyakit Polio

Gambaran klinis penyakit polio pada manusia sangat bervariasi, dari gejala yang sangat ringan sampai terjadi paralisis (kelumpuhan). Gejala klinis mulai dengan demam, merasa lemah, nyeri kepala dan muntah. Dalam 24 jam terlihat kekakuan pada leher dan punggung. Penderita terlihat mengantuk, iritabel, dan cemas. Adakalanya disertai kekakuan otot dan nyeri ototringan.

Bila terjadi paralisis (lumpuh) biasanya dimulai dalam beberapa detik sampai lima hari sesudah nyeri kepala. Kelumpuhan anggota gerak yang layuh dan biasanya pada salah satu tungkai.

Pantangan Makanan Penyakit Polio

Tidak ada makanan pantangan untuk Penyakit Polio. Namun, sebaiknya berikan makanan yang bersih dan air putih yang cukup. Dan berikan obat Polio yang efektif .

 

 

 

 

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Polio”

  1. Comments are closed.