Penyakit Jantung Koroner | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Penyakit Jantung Koroner

March 9th, 2012 0 Comments

Apa Itu Penyakit Jantung Koroner ?

Penyakit Jantung Koroner / PJK adalah keadaaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan otot jantung atas oksigen dengan penyediaan yang di berikan oleh pembuluh darah koroner.

Ketidakmampuan pembuluh darah koroner untuk menyediakan kebutuhan oksigen biasanya diakibatkan oleh penyumbatan athroma (plak) pada dinding bagian dalam pembuluh darah koroner.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Faktor penyebab yang tidak dapat diubah adalah faktor keturunan dan jenis kelamin. Jika orangtua atau kakek dan neneknya menderita penyakit jantung koroner, kemungkinan besar anaknya menderita penyakit jantung koroner, kemungkinan besar anaknya menderita penyakit ini adalah laki-laki. Banyak laki-laki berusia 30 tahun menderita penyakit ini.

Sementara faktor yang dapat diubah berkaitan dengan gaya hidup. Kegemukan, hipertensi (darah tinggi), diabetes melitus (kencing manis), kebiasaan merokok, dan kadar lemak darah yang tinggi bisa memicu terjadinya penyakit jantung koroner.

Demikian juga stres. Pada saat stres, terjadi ketidakseimbangan kerja pada jantung. Kerja jantung bertambah, sehingga otot jantung memerlukan banyak asupan darah.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Nyeri dada kiri (angina pektoris) merupakan ciri khas penyakit jantung koroner. Plus dada serasa tertekan atau diremas-remas diikuti sesak napas. Kadang terasa ada tekanan di bahu atau leher seperti tercekik, dan nyeri di lengan kiri sampai jari-jari. Dalam beberapa kasus sakitnya malah terasa di rahang. Semua keluhan itu terjadi akibat penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung.

Sedangkan gejala stroke di antaranya mulut mendadak mencong ke kiri atau kanan. Penderita sulit berkata-kata, kalaupun bisa bicara, suaranya pelo atau tidak lancar. Selain itu, sulit menelan, ada rasa baal, dan mudah tersedak. Juga sulit memahami bacaan dan mudah lupa. Kepala pusing dan kelopak mata sulit dibuka.  Gerakan penderita biasanya tidak terkoordinasi sehingga barang yang dipegang mudah jatuh. Bila gejala-gejala itu menampakkan diri, jangan tunda untuk segera berangkat ke dokter agar bisa ditangani sedini mungkin.

Pantangan Penyakit Jantung Koroner

Untuk pantangan  bagi penderita jantung koroner diantaranya :

1. Hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi

seperti soft drink, usahakan menggunakan gula jagung. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohirat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga

2. Berhenti merokok

Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

3. Hindari Stres
Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Penyakit Jantung Koroner”

  1. Comments are closed.