Kardiomiopati | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Kardiomiopati

March 5th, 2012 0 Comments

Apa itu Kardiomiopati ?

Kardiomiopati adalah kelainan fungsi otot jantung dengan sebab yang tidak diketahui dan bukan diakibatkan oleh penyakit arteri koroner, kelainan jantung bawaan (congenital), hipertensi atau penyakit katup.Kardiomiopati yang secara harfiah berarti penyakit miokardium, atau otot jantung, ditandai dengan hilangnya kemampuan jantung untuk memompa darah dan berdenyut secara normal. KondisiĀ  ini cenderung mulai dengan gejala ringan, dilanjutkan memburuk dengan cepat. Pada keadaan ini terjadi kerusakan atau gangguan miokardium, sehingga jantung tidak mampu berkontraksi secara normal. Sebagai kompensasi, otot jantung menebal atau hipertrofi dan rongga jantung membesar. Bersama dengan proses pembesaranya, jaringan ikat berproliferasi dan menginfiltrasi otot jantung. Miosit jantung (kardiomiosit) mengalami kerusakan dan kematian, akibatnya dapat terjadi gagal jantung, aritmia dan kematian mendadak. Oleh karena itu kardiomiopati dianggap sebagai penyebab utama morbiditas dan mortilitas kardiovaskular.

Penyebab Penyakit Kardiomiopati

Penyebabnya bisa berupa:
Penyakit arteri koroner yang meluas.
Penyakit arteri koroner ini mengakibatkan pasokan darah yang tidak memadai ke otot antung, yang bisa menyebabkan cedera yang menetap. Otot jantung yang tidak terkena, selanjutnya akan meregang untuk mengkompensasi kemampuan memompa yang hilang. Jika peregangannya tidak dapat mengkompensasi dengan baik, terjadilah kardiomiopati kongestif yang melebar.

Peradangan otot jantung akut (miokarditis) karena infeksi virus akan memperlemah otot jantung atau menyebabkan kardiomiopati kongestif yang melebar (kadang-kadang disebut kardiomiopati virus). Di AS, infeksi coxsackievirus B merupakan penyebab yang paling sering dari kardiomiopati virus.

Gangguan hormonal menahun tertentu seperti diabetes dan penyakit tiroid, yang akhirnya dapat menyebabkan kardiomiopati kongestif yang melebar.

Obat-obat seperti alkohol, kokain dan anti depresi. Kardiomiopati alkohol bisa timbul setelah sekitar 10 tahun pemakaian alkohol dalam jumlah banyak.

Meskipun jarang, kehamilan dan penyakit jaringan ikat (seperti artritis rematoid) juga bisa menyebabkan kardiomiopati kongestif yang melebar.

Gejala Penyaki Kardiomiopati

Beberapa penderita mungkin tidak mengalami gejala dan tanda kardiomiopati pada tahap awal penyakit kardiomiopati. tetapi sejalan dengan berkembangnya penyakit kardiomiopati, gejala kardiomiopati dan tanda biasanya muncul. Tanda – tanda meliputi :
1. Kehabisan nafas sewaktu mengerahkan tenaga atau bahkan sewaktu istirahat.
2. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.
3. Perut kembung berisi air.
4. Merasa lelah.
5. Detak jantung tidak beraturan yang dirasakan cepat, bergetar dan berdebar.
6. pusing, kepala ringan dan pingsan.

Pantangan Makanan Penyakit Kardiomiopati

Untuk penyakit Kardiomiopati sendiri pantangannya meliputi :
1. Makanan mengandung kolesterol. Cumi, udang, kepiting, otak sapi, daging kambing, daging berlemak, organ dalam hewan, bebek, belut, kuning telur, susu sapi, kulit ayam, makanan kemasan olahan daging ayam. Kolesterol adalah musuh utama jantung. Siapa pun bisa bangkrut jika kolesterol menyumbat di pembuluh darah jantung dan kepala (stroke). 1 otak sapi kandungan kolesterolnya sama dengan 1 tubuh sapi.
2. Makanan mendangung gula alkoholik. Minuman alkohol, durian dan tape.

3. Makanan mengandung trigleserin. Trigleserida merupakan lemak jahat dari tumbuhan. Minyak goreng, santan, kelapa dan margarin

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Kardiomiopati”

  1. Comments are closed.