Campak | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Campak

March 20th, 2012 0 Comments

Apa Itu Campak ?

Campak adalah infeksi masa kanak-kanak, penyebab campak adalah virus. Setelah cukup umum, sekarang campak dapat dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak antara lain batuk, pilek, radang mata, sakit tenggorokan, demam dan ruam, juga kulit menjadi merah bernoda kotor. Campak bisa serius dan bahkan fatal bagi anak-anak kecil. Sementara tingkat kematian telah menurun di seluruh dunia sebagai anak-anak lebih menerima vaksin campak, penyakit ini masih membunuh beberapa ratus ribu orang setahun, sebagian besar di bawah usia 5 tahun.

Campak adalah penyakit virus yang sangat menular. Virus campak yang terkandung dalam jutaan tetesan kecil yang keluar dari hidung dan mulut ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Seseorang yang rentan terhadap penyakit campak dapat menangkap virus dengan bernapas dalam tetesan atau jika tetesan telah diselesaikan pada permukaan, dengan menyentuh permukaan dan kemudian meletakkan tangan di dekat hidung atau mulut.

Penyebab Penyakit Campak

Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah yang terkontaminasi virus. Seorang penderita mulai menularkan penyakitnya 2-4 hari sebelum timbul ruam-ruam kulit sampai ruamnya menghilang. Sebelum diketemukan vaksinasi, epidemi campak terjadi setiap 2 sampai 3 tahun, terutama pada usia prasekolah dan usia sekolah.

Pada saat ini wabah terjadi pada remaja dan dewasa muda yang pernah mendapat imunisasi, usia prasekolah yang tidak diimunisasi dan anak-anak yang terlalu kecil untuk imunisasi ( kurang dari 12 bulan). Seorang wanita yang pernah menderita campak atau pernah mendapat imunisasi campak akan meneruskan kekebalannya pada bayi yang dikandung. Kekebalan ini akan bertahun selama tahun pertama setelah anak dilahirkan. Seorang yang pernah terinfeksi campak akan mempunyai kekebalan seumur hidup.

Gejala Penyeakit Campak

Gejala-gejala yang nampak pada penderita campak antara lain; demam tinggi, bintik putih pada bagian dalam pipi sebelah depan gigi geraham, mata merah dan berairi, tenggorokan sakit, pilek, batuk kering. Terkadang jika penderitanya anak-anak akan terjadi muntah-muntah, diare, bintik di belakang telinga.

Pantangan Makanan Penyakit Campak

Tidak ada pantangan makanan untuk penderita penyakit Campak. Mereka hanya disarankan beristirahat di rumah dan tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi serta minum banyak air putih.

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Campak”

  1. Comments are closed.