Cacar Air | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Cacar Air

March 21st, 2012 0 Comments

Apa Iti Cacar Air ?

Cacar Air adalah suatu infeksi virus menular pada kulit yang umumnya dialami oleh anak-anak. Cacar Air dapat menyebabkan ruam kulit berupa sekumpulan bintik-bintik kecil yang datar maupun menonjol, lepuhan berisi cairan serta keropeng, yang menimbulkan rasa gatal. Cacar Air merupakan penyakit kulit yang juga dapat menimbulkan bekas dan rasa minder bagi penderitanya.

Penyebab Penyakit Cacar Air

Penyebabnya adalah virus varicella-zoster.
Virus ini ditularkan melalui percikan ludah penderita atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit.
Penderita bisa menularkan penyakitnya mulai dari timbulnya gejala sampai lepuhan yang terakhir telah mengering. Karena itu, untuk mencegah penularan, sebaiknya penderita diisolasi (diasingkan).

Jika seseorang pernah menderita cacar air, maka dia akan memiliki kekebalan dan tidak akan menderita cacar air lagi. Tetapi virusnya bisa tetap tertidur di dalam tubuh manusia, lalu kadang menjadi aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster.

Gejala Penyakit Cacar Air

Gejala penyakit Cacar Air biasanya mulai timbul dalam waktu 10-21 hari setelah terinfeksi. Pada anak-anak yang berusia diatas 10 tahun, gejala awalnya berupa sakit kepala, demam sedang dan rasa tidak enak badan. Gejala tersebut biasanya tidak ditemukan pada anak-anak yang lebih muda, gejala pada dewasa biasanya lebih berat.

Kemudian, 24-36 jam setelah timbulnya gejala awal, muncul bintik-bintik merah datar (makula). Bintik tersebut menonjol (papula), membentuk lepuhan berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal, yang akhirnya akan mengering. Proses ini memakan waktu selama 6-8 jam. Selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru. Pada hari kelima, biasanya sudah tidak terbentuk lagi lepuhan yang baru, seluruh lepuhan akan mengering pada hari keenam dan menghilang dalam waktu kurang dari 20 hari.

Gejala Cacar Air iasanya ditemukan di wajah, lengan dan tungkai serta pada batang tubuh bagian atas (dada, punggung, bahu). Bintik-bintik juga sering ditemukan di kulit kepala. Bahkan gejala Cacar AirĀ  juga dapat terjadi di mulut dan menyebabkan gangguan menelan.

Cacar air jarang menyebabkan pembentukan jaringan parut, kalaupun ada, hanya berupa lekukan kecil di sekitar mata. Luka cacar air bisa terinfeksi akibat garukan dan biasanya disebabkan oleh stafilokokus.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Cacar Air

Menurut seorang dokter ahli kulit, tidak ada pantangan makanan untuk penderita penyakit Cacar Air. Ia hanya menyarankan agar penderita tetap mandi agar bersih dan terhindar dari infeksi sekunder. Penderita Cacar Air sebaiknya tetap makan makanan bergizi dan minum banyak air putih. Dan yang paling penting, penderita Cacar Air harus mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

 

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Cacar Air”

  1. Comments are closed.