Asma | Jamu Kumplit Herbal Indonesia

Asma

March 6th, 2012 0 Comments

Apa itu Asma ?

Asma merupakan penyakit inflamasi (radang) kronik saluran nafas menyebabkan peningkatan hiperesponsif jalan nafas yang menimbulkan gejala episodik berulang berupa mengi (nafas berbunyi ngik-ngik), sesak nafas, dada terasa berat dan batuk-batuk terutama malam menjelang dini hari. Gejala ini terjadi berhubungan dengan obstruksi jalan nafas yang luas, bervariasi dan seringkali bersifat reversible dengan atau tanpa pengobatan.

Penyebab Penyakit Asma

Untuk Sampai saat ini penyebab penyakit asma ini belum diketahui secara pasti meski suduah banyak penelitian oleh para ahli. Teori dan hypotesis mengenai penyebab seseorang mengidap penyakit asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan.

Pemicu gejala penyakit asma ini dapat berupa kelelahan pikiran (gangguan emosi), kelelahan jasmani, perubahan lingkungan hidup yang tidak diharapkan (cuaca, kelembaban, temperatur, asap (terutama rokok) dan bau-bauan yang merangsang), infeksi saluran nafas terutama penyakit influenza tertentu, dan reaksi alergi dari bahan yang terhirup dan dimakan.

Penyakit asma adalah penyakit yang mempunyai banyak faktor penyebab, paling sering karena faktor penyebab penyakit asma atopi atau alergi. Faktor-faktor penyebab dan pemicu penyakit asma antara lain debu rumah dengan tungaunya, bulu binatang, asap rokok, asap obat nyamuk, dan lain-lain.

Gejala Penyakit Asma

Adapun tanda dan gejala dari penyakit asma diantaranya :

Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation). Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya terdegar wheezing adalah penderita asma.

Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).

Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.

Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit.

Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.

Pada usia anak-anak, gejala awal  berupa rasa gatal dirongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan  berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.

Pantangan Makanan Penyakit Asma

Untuk pantangan penyakit asma sendiri antara lain :
Asma menjaga makanan kaki sapi, kuning telur, otak, udang, daging kambing atau sapi, lemak, jeroan, ubi jalar, santan kental.

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Asma”

  1. Comments are closed.